Inilah Para Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia!!

Timnas Indonesia baru saja kembali bangkit setelah sempat tidak terdengar suaranya seiring dengan pembekuan PSSI oleh FIFA pada beberapa tahun lalu.

Berbicara sepak terjang timnas Indonesia, sempat muncul beberapa kritik tim Garuda itu kurang memiliki pemain pada posisi penyerang yang haus akan gol.

Padahal, dulu Indonesia selalu memiliki penyerang yang haus akan gol dan ditakuti minimal di kawasan regional ASEAN.

Pada timnas level senior saat ini, penyerang yang paling berpengalaman hanya Boaz Solossa (31) yang sudah tampil sebanyak 41 kali dengan gol sebanyak 13. Sayangnya, di bawah Boaz, hampir tidak ada penyerang yang berpengalaman di timnas.

Ada dua nama pemain asal Papua yang namanya sempat melejit pada medio 2010 – 2011, yakni Titus Bonai dan Patrich Wanggai.

Bahkan, Patrich sempat disebut Nicolas Anelka dari Indonesia karena perawakannya mirip dengan pemain asal Prancis tersebut.

Sayangnya, kini keduanya pun tidak pernah dipanggil timnas lagi.

Syamsir Alam yang juga disebut bakal menjadi penerus Bambang Pamungkas dan Boaz Solossa pun karirnya saat ini juga meredup.

Krisis penyerang saat ini boleh dibilang imbas dari kebijakan naturalisasi pemain oleh PSSI pada periode 2010.

Pasalnya kala itu, PSSI menaturalisasi pemain yang sudah uzur seperti, Christian Gonzales sehingga efeknya hanya jangka pendek.

Selain Gonzalez, beberapa pemain yang secara bertahap dinaturalisasi antara lain seperti, Greg Nwokolo, Jhon Van Beukering, dan Sergio Van Dijk.

 

BACA JUGA : Pasang Surut Sepak Bola Kampus

 

Sayangnya, keberadaan pemain naturalisasi itu pun tidak optimal dan akhirnya malah membuat rentang regenerasi penyerang timnas Indonesia semakin jauh hingga sampai saat ini.

Dari semua pemain naturalisasi pada posisi penyerang itu, tercatat hanya Christian Gonzalez saja yang lumayan sukses sebagai penyerang naturalisasi timnas Indonesia.

Selama membela skuad Garuda, pemain kelahiran Uruguay itu telah bermain 25 kali dengan melesakan 11 gol.

Ngomong-ngomong bikin gol buat timnas Indonesia, berhubung dulu tim Garuda punya banyak stok penyerang yang ganas. Nah, ini daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Indonesia.

Soetjipto Soentoro (57 gol)

Pencapaian si Gareng, panggilan Soetjipto tampaknya masih akan sulit untuk dikejar pemain timnas senior saat ini.

Dari 68 penampilan di timnas, dia telah mencetak sebanyak 57 gol. Secara rata-rata, dia mencetak 0,49 gol per pertandingan.

Gareng sendiri masuk timnas sejak level junior pada 1959, sedangkan karir seniornya dijalani selama lima tahun dari 1965 sampai 1970.

Bambang Pamungkas (37 gol)

Bepe, sapaan akrab Bambang Pamungkas masih aktif bermain saat ini. Bahkan, legenda Persija Jakarta itu juga masih rajin mencetak gol untuk klubnya.

Untuk karir timnasnya, Bepe telah mencatatkan 37 gol dari 85 penampilannya.

Apakah jumlah golnya untuk timnas masih bisa bertambah? tampaknya sudah tidak lagi karena peluang sang pemain untuk kembali membela timnas pun sangat tipis seiring sudah semakin uzur.

Kurniawan Dwi Yulianto (31 gol)

Si Kurus, itu julukan untuk Kurniawan Dwi Yulianto ketika masih aktif bermain.

Kurniawan yang sempat mengenyam liga Italia dan Swiss itu pun menjadi salah satu penyerang yang cukup ditakuti di kawasan Asia Tenggara.

Selama karirnya bersama timnas Indonesia, dia bermain sebanyak 60 kali dan mampu melesakan 31 gol.

Karirnya bersama timnas Garuda pun dimulai pada 1995 sampai 2006.

Rochy Putiray (17 gol)

Rochy Putiray, salah satu penyerang Indonesia yang mencolok dari segi penampilan.

Dari warna rambut yang berganti-ganti sampai menggunakan sepasang sepatu dan kaos kaki dengan warna berbeda.

Tak hanya penampilannya saja yang mencolok, tetapi juga permainannya. Ketiga bermain di Liga Hong Kong dengan Ktchee FC.

Pemain Indonesia ini pernah melewat hadangan Maldini, legenda AC Milan dan mempermalukan klub asal Italia tersebut.

Bersama timnas, Rochy telah bermain sebanyak 41 kali dengan 17 gol.

Karirnya bersama timnas senior dimulai sejak 1991 sampai 2004.

Budi Sudarsono (16 Gol)

Si Phyton, itu julukan Budi Sudarsono, yang juga sempat mengejutkan Bahrain dengan gol cepatnya ketika Piala Asia 2007.

Julukan Phyton yang merupakan salah satu jenis ular itu diberikan karena gaya permainannya dan dalam mencetak gol sangat licin seperti ular.

Bersama timnas Indonesia, Budi bermain sebanyak 46 kali dengan 16 gol. Karir bersama timnasnya pun dimulai sejak 2001 sampai 2010.

Nah, itu lima pencetak gol terbanyak timnas Indonesia sepanjang masa, siapa nanti yang akan mampu memecahkan rekor lima pemain tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.